Kamis, 25 Mei 2017

rekreasi di taman hutan raya

Secara administratif, kawasan Bunder Forest Park (Tahura) terletak di desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi D.I Yogyakarta. Yaitu di tepi jalan Jogja-Wonosari, sepanjang jalan menuju Tahura ditemukan banyak buah menaungi dan kerajinan kayu dijual oleh penduduk di sekitarnya. Sebelum memasuki kawasan di tepi hutan Bunder ada sebuah tempat istirahat (shelter), tempat penampungan, ruang pertemuan, Taman Bermain Anak-anak, kios, dan toko untuk kebutuhan sehari-hari, meningkat bagi pengunjung dan masyarakat sekitar.
Daerah ini memiliki area seluas 17 hektar, seluas 6.2 hektar rusa Jawa (Cervus timorensis). Sejak tahun 1999 ini telah dikelola oleh pusat konservasi sumber daya alam (BKSDA) Yogyakarta dalam kerjasama dengan kelompok tani sekitarnya, dan sekarang rusa nomor lebih dari 30 burung. Area Arboretum 10.7 hektar dengan berbagai tanaman kehutanan. Selain itu ada pembibitan dan pengelolaan tanaman kayu putih "Sendang Mole".
Tahura Bunder memiliki topografi miring dan berbukit, wilayah ini sebanyak 40 spesies tanaman telah diidentifikasi, dan beberapa jenis spesies burung yang dilindungi oleh undang-undang. Ada juga bukit Gunung tua, dari sini kita bisa melihat dan menikmati pemandangan yang indah, valley terletak di bawah, dan pedesaan yang alami ke kaki. Di sini kita juga dapat melihat keindahan matahari terbit (matahari terbit di pagi hari) dan matahari terbenam (pada saat matahari terbenam pada sore hari).
KELOMPOK BIOTIK AREA
Ekosistem;

• Gunung:-
• Danau:-
• Sungai:-
Flora;
Area Tahura Bunder memiliki berbagai jenis tanaman, dan yang telah diidentifikasi sebanyak 40 spesies, termasuk Bendo, Timoho, Jati Kluwih, Glingsem, Kiputri, Mundu, Akasia, Kayu Putih, obat-obatan, Adenium, buah-buahan dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar